Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Usaha Coffee Shop 

Salah satu jenis usaha yang viral pada saat sekarang ini adalah usaha coffee shop. Selain cita rasa minuman ini yang menggoda, penggunaan paper cup dengan desain unik sebagai wadahnya, juga turut …

Menyimak 5 Fakta Kopi Nusantara Khas Bali

Satu jenis kopi nusantara yang begitu dikenal di dunia ini adalah kopi Kintamani. Biji kopi asal Bali ini memang punya cita rasa yang unik dan cocok di lidah para penikmat kopi. …

Olahan Sayur Brokoli Paling Enak yang Bisa Bunda Coba

Ada banyak jenis sayuran yang bisa dimasak dengan sangat mudah dengan berbagai cara dan metode memasak. Mulai dari tumis, kemudian dibuat sup sampai dengan direbus atau dikukus biasa kemudian langsung dimakan. …

Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Usaha Coffee Shop 
0 Comments

Salah satu jenis usaha yang viral pada saat sekarang ini adalah usaha coffee shop. Selain cita rasa minuman ini yang menggoda, penggunaan paper cup dengan desain unik sebagai wadahnya, juga turut membuat banyak calon konsumen merasa terpanggil. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk terjun ke usaha ini, catat 5 hal penting yang harus sudah Anda persiapkan sebelumnya ini.

  • Cari Supplier Biji Kopi yang Berkualitas

Cita rasa kopi yang  dijual nantinya, akan sangat bergantung pada biji kopi yang diolah. Oleh sebab itu, pastikan bahwa biji kopi tersebut memang berkualitas tinggi. Agar bisa mendapatkan biji kopi yang berkualitas, tentu Anda harus lihai dalam memilih supplier biji kopinya. Jika memungkinkan, Anda bisa terjun langsung ke daerah yang dikenal sebagai penghasil biji kopi terbaik.

  • Tentukan Varian Kopi yang Akan Dijual

Sebagai orang yang akan terjun dalam bisnis coffee shop, Anda memang harus paham dengan varian kopi yang dinikmati oleh banyak orang. Anda bisa mencari tahu tentang varian kopi terfavorit ini, misalnya dengan mengunjungi beberapa coffee shop ternama. Tanyakan dan pesanlah di sana varian kopi yang populer di kalangan pelanggannya.

Dengan mengunjungi beberapa coffee shop tersebut, Anda akan bisa menyusun daftar berisikan varian kopi apa saja yang terbilang sering dipesan oleh konsumen. Nah, dari daftar tersebut, Anda bisa pilih, varian mana yang ingin Anda hadirkan untuk calon konsumen di coffee shop yang akan Anda buka.

  • Pilih Wadah Kopi yang Unik dan Menarik

Pemilihan wadah merupakan salah satu hal yang akan menambah nilai estetik pada secangkir kopi yang Anda jual. Jika ingin mengedepankan konsep ramah lingkungan, Anda bisa pilih untuk menyajikan kopi dengan wadah dari paper cup. Tak hanya ramah lingkungan, Anda juga bisa cetak paper cup dengan desain yang menarik, seperti logo toko atau quote tertentu.

  • Tentukan Konsep Coffee Shop 

Menentukan konsep coffee shop sangatlah penting untuk dilakukan, sebelum Anda membuka usaha ini. Konsep ini misalnya berkaitan dengan desain tempatnya, serta apakah akan ada menu lain yang dihadirkan selain menu kopi itu sendiri. Nah, untuk menentukan konsep ini, Anda bisa menyesuaikannya dengan target konsumen yang Anda pilih.

  • Tentukan Harga Menu di Coffee Shop 

Dalam menentukan harga untuk menu di coffee shop Anda, jangan hanya berpatokan pada harga menu tersebut di coffee shop yang lain. Sekali lagi, jadikan target konsumen Anda sebagai tolak ukur dalam menentukan harga. Jika target konsumen Anda adalah mahasiswa, mungkin harga per menunya bakal lebih terjangkau. Berbeda lagi jika targetnya adalah para pekerja kantoran.

Jangan asal buka coffee shop saja, pertimbangkan dulu beberapa hal di atas sebelum Anda memilih terjun ke bidang usaha satu ini. Tanyakan dulu beberapa pertanyaan ke diri Anda, misalnya seperti varian  kopi yang dijual apa saja atau kopinya nanti pakai gelas kaca atau paper cup saja. Maksimalkan persiapannya, agar coffee shop Anda nanti bisa berjaya.