Waspada Gejala Tipes pada Anak dan Remaja, Kenali Ciri-ciri Berikut!

Pernahkah kamu mendengar teman, saudara, atau kamu sendiri terkena gejala tipes? Mungkin diantara kamu sudah tidak asing lagi dengan salah satu penyakit ini. Penyakit tipes termasuk penyakit yang umum di Indonesia, …

Nutrisi dan Harga Blue Band, Margarin Berkualitas untuk Makanan Lebih Sehat

Blue Band memang dikenal sebagai salah satu merk margarin terbaik di Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, komposisi dan kandungan nutrisinya membuat merk margarin ini berkualitas premium. Tak hanya itu, margarin ini …

Varian Popok Sweet Lengkap Celana dan Perekat

Popok Sweety dikeluarkan pada tahun 2003. Popok Sweety adalah pemimpin dalam kategori popok bayi. Dengan kualitas yang selalu dikembangkan, Sweety selalu berkomitmen untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi. Sweety Gold Luxurious Touch …

Waspada Gejala Tipes pada Anak dan Remaja, Kenali Ciri-ciri Berikut!
0 Comments

Pernahkah kamu mendengar teman, saudara, atau kamu sendiri terkena gejala tipes? Mungkin diantara kamu sudah tidak asing lagi dengan salah satu penyakit ini.

Penyakit tipes termasuk penyakit yang umum di Indonesia, penyakit ini sudah banyak menjangkit orang di Indonesia, mulai dari anak-anak, remaja, juga orang dewasa.

Karena penyakit ini terbilang umum, mungkin kamu tidak akan panik apabila terjangkit tipes dan berpikir bahwa tipes bukanlah penyakit yang berbahaya. Eits, kamu salah besar, tipes tentunya berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan kematian apabila tidak ditangani dengan baik dan benar.

Ciri-ciri Gejala Tipes Pada Anak

Demam tifoid atau biasa disebut tipes merupakan infeksi akut yang menginfeksi saluran pencernaan. Penyakit tipes ini sendiri berasal dari bakteri Salmonella typhi. Sehingga biasanya orang akan terkena tipes apabila mengonsumsi makanan atau minuman yang di dalamnya terdapat bakteri tersebut.

Nah, biasanya terdapat berbagai gejala tipes yang muncul sebagai tanda-tanda seseorang berpotensi terjangkit tipes. Tanda-tanda atau gejala yang muncul pada anak-anak akan berbeda dengan gejala yang muncul pada orang dewasa. Berikut merupakan gejala yang terjadi pada anak.

  1. Anak mengalami demam yang cukup tinggi dan terus meninggi setiap harinya.
  2. Demam pada anak berlangsung selama lebih dari 7 hari dengan suhu yang terus meninggi.
  3. Lidah kotor
  4. Anak akan mengalami diare, kembung, mual, juga muntah.
  5. Anak merasakan nyeri pada kepala dan seluruh badan.
  6. Anak mengalami penurunan kesadaran
  7. Anak tidak nafsu makan

Ciri-ciri Gejala Tipes pada Remaja

Seperti yang sudah dikatakan di atas, tipes merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya bakteri Salmonella typhi yang masuk ke dalam tubuh dan menyerang berbagai bagian dalam tubuh.

Ketika bakteri Salmonella typhi berhasil masuk ke dalam tubuh, akan terjadi infeksi selama 7 sampai dengan 14 hari yang kemudian diikuti oleh gejala tipes pertama.

Tidak hanya pada anak-anak dan orang dewasa, tipes sering juga menyerang anak remaja. Hal ini dikarenakan anak remaja banyak yang suka jajan sembarangan tanpa memperhatikan kebersihan jajanan tersebut. Baik, berikut gejala yang mungkin muncul kepada anak remaja:

  1. Remaja akan merasa mudah Lelah meski tidak melakukan banyak kegiatan.
  2. Terjadi penurunan berat badan
  3. Terasa sakit pada kepala
  4. Remaja yang terkena tipes akan kehilangan nafsu makan
  5. Remaja mengalami demam yang cukup tinggi
  6. Terasa mual dan kembung

Nah apabila kamu atau orang-orang terdekatmu terjangkit penyakit ini, maka segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang benar. Kamu bisa menggunakan Super Easy Health untuk berbagai asuransi kesehatan  yang mungkin diperlukan.