Mempercantik Diri Menggunakan Produk – Produk Andalan Revlon

Menjadi cantik merupakan idaman setiap wanita. Dimana cantik merupakan sebuah parameter keindahan dalam diri seorang wanita. Banyak wanita yang menginginkan tampil cantik untuk beberapa kepentingan seperti bekerja, hangout ataupun berkumpul bersama …

Manfaat Vitamin C Untuk Anak Dalam Masa Perkembangan Anak

Vitamin c merupakan salah satu sumber vitamin yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Vitamin ini dapat digunakan sebagai zat pembentuk imunitas dalam tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi vitamin c yang cukup setiap harinya, …

Alasan Mengapa Orang Tua Rentan Virus Corona

Jumlah penderita dan kasus kematian yang diakibatkan oleh infeksi virus corona terus meningkat setiap harinya. Virus corona dapat menyebaban infeksi yang serius terutama pada saluran pernapasan baik itu orang dewasa maupun …

Syarat Penulisan Daftar Pustaka Untuk Diperhatikan
0 Comments

Kamu tentu sudah familiar dengan daftar pustaka, bukan? Ya, hal ini dikarenakan daftar pustaka merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah karya tulis. Biasanya, daftar pustaka akan dituliskan di bagian akhir dari sebuah karya tulis tersebut.

Seperti namanya, daftar pustaka berisi tentang sebuah daftar dari pustaka-pustaka atau buku yang digunakan sebagai referensi dari penulisan sebuah karya tulis tersebut. Dengan adanya daftar pustaka, maka tentu akan ada kesinambungan pengetahuan yang ditulis dari peneliti satu dengan peneliti lainnya yang tentu saja hal ini baik untuk ilmu pengetahuan.

Beberapa Ketentuan Penulisan Daftar Pustaka

Perlu diketahui bahwa daftar pustaka adalah bagian wajib dari sebuah karya tulis, terutama yang bersifat ilmiah. Oleh karena itu, bagian ini harus ditambahkan di akhir karya tulis selain sebagai pelengkap, juga sebagai bentuk apresiasi dari peneliti lain yang pendapat dan pemikirannya digunakan.

Nah, dalam penulisan daftar pustaka tersebut, ada beberapa syarat atau ketentuan yang sangat penting untuk diperhatikan dan diketahui. Adapun beberapa ketentuan penulisan daftar pustaka yang benar dan perlu menjadi perhatian adalah sebagai berikut:

  • Bagi penulis yang memiliki nama marga atau nama keluarga, maka nama marga atau nama keluarga tersebut ditulis terlebih dahulu. Sedangkan untuk penulis yang tidak menggunakan nama marga, maka penulisan nama dalam daftar pustaka adalah dimulai dari nama belakang terlebih dahulu, terkecuali untuk nama Cina.
  • Gelar kesarjanaan dari penulis dalam penulisan daftar pustaka tidak perlu dicantumkan.
  • Penulisan judul buku pada daftar pustaka dicetak miring. Selain itu, bisa juga penulisan judul buku ditulis dengan garis bawah pada setiap kata dalam judul. Artinya, tidak dibuat garis bawah yang menyambung sepanjang judul dari buku yang digunakan tersebut
  • Baris pertama diketik dimulai dari ketukan pertama. Sedangkan untuk baris kedua dan baris selanjutnya, maka diketik mulai dari ketukan yang ke tujuh.
  • Dalam penulisan daftar pustaka, jarak antara baris satu dengan baris lainnya atau baris berikutnya adalah satu spasi
  • Jarak antara sumber satu dalam daftar pustaka dengan sumber lainnya atau sumber berikutnya adalah dua spasi

Beberapa poin di atas adalah detail dari bagaimana seharusnya daftar pustaka dituliskan dalam sebuah karya tulis, terutama yang bersifat ilmiah. Dalam hal ini, kamu perlu memperhatikan dengan baik ketentuan dari penulisan tersebut agar daftar pustaka bisa ditulis dengan sempurna.

Perlu diketahui bahwa ketentuan di atas adalah mutlak. Artinya, dalam penulisan daftar pustaka, kamu harus mengikuti aturan tersebut. Pelajari aturan dan ketentuan penulisan daftar pustaka tersebut dengan sempurna sehingga bagian karya tulis ini bisa diselesaikan dengan baik. Dengan penulisan daftar pustaka yang tepat, karya tulis yang kamu buat bisa mendapatkan hasil sempurna.