7 Penyebab Mata Panda yang Menjengkelkan

Mata panda merupakan salah satu masalah yang sangat menjengkelkan bagi semua orang, khususnya kaum Hawa. Pasalnya, penampilan menjadi kurang percaya diri akibat lingkaran hitam di bawah mata yang menonjol. Seseorang yang …

Kelebihan Dan Kekurangan Infinix Hot 10 Play

Infinix Mobility Indonesia telah resmi merilis smartphone saudaranya Infinix Hot 10. Ya, ponsel yang dimaksud adalah Infinix Hot Play 10. Pengenalan InfinixHotPlay10 mengikuti jejak seri Infinix Hot9.  Adapun beberapa kelebihan dan …

Menjadi Content Creator Instagram dan TikTok Profesional Lewat Pelatihan Prakerja Gelombang 18 dari Pakar

Program kartu prakerja untuk gelombang 18 sudah dibuka di bulan Agustus 2021 ini. Ada banyak pilihan kelas yang dapat dipilih melalui Pakar.co.id sebagai penyelenggaranya. Cari kerja di bidang yang Anda inginkan …

Pentingnya Mengetahui Tahap Perkembangan Psikologis pada Anak
0 Comments

Setiap orang tua pasti senang memiliki anak yang sehat dan bahagia. Pada tiap tahap perkembangan si kecil tentu akan menjadi perhatian utama seiring pertambahan usianya. Mulai dari belajar tengkurap, merangkak, duduk hingga berjalan. Tahap perkembangan si kecil ada beberapa jenis mulai dari perkembangan fisik, linguistik, sosial dan lainnya.

Selain itu, ada juga jenis perkembangan psikologi yang tak kalah pentingnya untuk Anda ketahui. Jenis perkembangan psikologi serta emosi memang tidak terlihat secara langsung seperti pada perkembangan fisik yang dapat dilihat dari berat dan tingi badan atau jumlah giginya. Namun penting untuk Anda pantau. Sebab sejak anak Anda lahir ke dunia hingga dewasa, perkembangan psikologis akan terus mengalami perkembangan.

Tahapan perkembangan psikologis pada si kecil

  1. Tahap Trust dan Mistrust

Trust dan Mistrust menjadi tahap perkembangan pertama yang dirasakan oleh si kecil, yaitu oada usia 0 hingga 1 tahun. Bisa dibilang tahapan ini menjadi tahap perkembangan psikologis yang sangat fundamental dalam masa tumbu kembangnya. Di tahap ini anak akan belajar tentang bagaimana mengembangkan rasa percaya maupun tidak percaya yang ditentukan oleh faktor-faktor sosial.

Faktor sosial yang berpengaruh pada Trust atau kepercayaan si kecil yaitu cara ibu mengasuh anak dan hubungan antara ibu dan anak.Bagaimana cara anda mengasuh si kecil akan berpengaruh pada pembentukan identitas dan karakternya. Berikanlah kasih sayang serta rasa aman dan nyaman pada si kecil sehingga rasa percayanya akan bertumbuh. Sehingga si kecil akan berkembang menjadi anak yang berani serta penuh harapan.

  1. Tahap Autonomy dan (Shame and Doubt)

Tahap perkembangan psikologi selanjutnya adalah Autonomy dan Shame and Doubt atau tahapan kemandirian serta sikap malu dan ragu. Umumnya terjadi di usia 1 sampai 3 tahun. Di tahap ini, si kecil mulai belajar buang air kecil dengan perlahan. Anda juga bisa mengajarkan mengenai kemandirian seperti belajar cuci tangan sendiri, makan sendiri hingga tidur sendiri.

Berikanlah rasa kepercayaan diri padanya dan jangan mengontrolnya secara berlebihan. Sehingga anak akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya pada kemampuan dirinya serta lebih berani melakukan sesuatu.

  1. Tahap Initiative and Guilt

Pada usia 3-5 tahun anak akan mengalami perkembangan psikologi Initiative and Guilt atau tahap inisiatif serta merasa bersalah. Si kecil telah bisa melakukan beberapa hal secara mandiri seperti makan sendiri dan pakai baju sendiri. Di tahap ini ibu bisa mengajarkan si kecil apabila ia melakukan suatu kesalahan.

Si kecil akan belajar bagaimana memecahkan masalahnya dari rasa bersalah yang dirasakan. Mungkin Anda akan merasa tidak tega jika menegur si kecil. Namun hal ini penting untuk diajarkan sehingga ia akan mampu belajar dari kesalahan dan dapat memecahkan masalahnya.

Nah itu tadi 3 tahap mengenai perkembangan psikologis yang penting untuk Anda pelajari. Stimulasi si kecil untuk terus belajar sehingga perkembangan anak jadi lebih optimal. Jangan lupa juga untuk penuhi nutrisi anak secara lengkap untuk mendukung tumbuh kembang serta menjaga imunitasnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai perkembangan anak, Anda bisa juga cari tahu informasi lengkapnya di klikdokter.com.

Di klikdokter.com, Anda bisa mengetahui berbagai info kesehatan seputar anak, info mengenai suatu penyakit, obat yang dibutuhkan hingga bertanya secara langsung melalui tanya dokter pada dokter spesialis anak atau lainnya. Semoga bermanfaat.