Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Usaha Coffee Shop 

Salah satu jenis usaha yang viral pada saat sekarang ini adalah usaha coffee shop. Selain cita rasa minuman ini yang menggoda, penggunaan paper cup dengan desain unik sebagai wadahnya, juga turut …

Menyimak 5 Fakta Kopi Nusantara Khas Bali

Satu jenis kopi nusantara yang begitu dikenal di dunia ini adalah kopi Kintamani. Biji kopi asal Bali ini memang punya cita rasa yang unik dan cocok di lidah para penikmat kopi. …

Olahan Sayur Brokoli Paling Enak yang Bisa Bunda Coba

Ada banyak jenis sayuran yang bisa dimasak dengan sangat mudah dengan berbagai cara dan metode memasak. Mulai dari tumis, kemudian dibuat sup sampai dengan direbus atau dikukus biasa kemudian langsung dimakan. …

Menyimak 5 Fakta Kopi Nusantara Khas Bali
0 Comments

Satu jenis kopi nusantara yang begitu dikenal di dunia ini adalah kopi Kintamani. Biji kopi asal Bali ini memang punya cita rasa yang unik dan cocok di lidah para penikmat kopi. Saat disajikan, kopi ini juga punya sensasi rasa yang sedap dan teksturnya cenderung lembut sehingga membuat banyak orang merasa ketagihan.

Fakta Kopi Kintamani

Sayang sekali jika jenis kopi khas Indonesia ini dilewatkan begitu saja. Anda juga perlu tahu lebih jauh mengenai biji kopi yang satu ini. Berikut adalah 5 fakta mengenai biji kopi Kintamani yang perlu Anda tahu.

1.     Kopi Arabika

Biji kopi Kintamani masuk ke jenis arabika. Masyarakat Bali telah begitu lama mengenal kopi Kintamani sebagai salah satu pilihan kopi terbaik yang dimiliki Indonesia. Jika Anda pecinta arabika, maka wajib hukumnya untuk menyesap nikmatnya kopi Kintamani ini. Kopi Kintamani hadir dengan aroma yang unik dilengkapi rasa yang ringan tapi tetap mantap.

2.     Aroma Jeruk

Telah disebutkan sebelumnya bahwa kopi Kintamani punya aroma yang unik. Aroma apa sebenarnya yang dimiliki oleh biji kopi ini? Saat menikmati secangkir kopi Kintamani, Anda akan mencium aroma jeruk.

Ya, kopi ini mengeluarkan aroma buah jeruk yang begitu unik. Aroma ini ternyata disebabkan oleh lokasi penanaman kopi yang berdampingan dengan tanaman buah salah satunya jeruk.

3.     Sudah Lama Diekspor

Kopi nusantara asal dataran tinggi Kintamani ini ternyata sudah cukup lama mendunia. Sejak tahun 1825, biji kopi Kintamani sudah dikirim ke luar negeri. Amerika Serikat saat itu menjadi negara tujuan ekspor untuk produk kopi ini. Itulah mengapa keunikan dari kopi Kintamani sudah lama dikenal tak hanya di kalangan lokal tapi juga internasional.

4.     Pengolahan Tradisional

Biji kopi Kintamani ternyata diolah dengan prosedur tradisional. Cara pengolahan tradisional inilah yang menjadi kunci munculnya keunikan rasa dari kopi Kintamani. Bahkan cita rasa kopi ini hanya bisa keluar jika proses pengolahannya dilakukan secara tradisional atau manual tanpa menggunakan mesin. Tak heran jika biji kopi ini begitu berharga dan menawarkan rasa yang sangat berkesan.

5.     Proses Penanaman

Tanaman kopi Kintamani dikembangkan di lahan dengan ketinggian 900 mdpl. Selain itu, proses panen biji kopi ini juga tergolong unik. Para petani kopi di Kintamani ternyata sudah sepakat untuk menanam kopi ini dengan metode organik.

Selain itu, biji kopi hanya boleh dipanen jika sudah benar-benar matang yaitu bijinya berwarna merah. Jika panen dilakukan sebelum matang, maka kualitas rasanya akan berkurang.

Itulah sedikit informasi yang akan membuat Anda lebih mengenal kopi nusantara khas Kintamani Bali. Jenis kopi ini akan memberikan sensasi yang akan selalu melekat di lidah Anda. Pastikan untuk segera mencicipi jenis kopi Kintamani ini agar tahu betapa uniknya rasa dan aroma yang Anda nikmati.