7 Penyebab Mata Panda yang Menjengkelkan

Mata panda merupakan salah satu masalah yang sangat menjengkelkan bagi semua orang, khususnya kaum Hawa. Pasalnya, penampilan menjadi kurang percaya diri akibat lingkaran hitam di bawah mata yang menonjol. Seseorang yang …

Kelebihan Dan Kekurangan Infinix Hot 10 Play

Infinix Mobility Indonesia telah resmi merilis smartphone saudaranya Infinix Hot 10. Ya, ponsel yang dimaksud adalah Infinix Hot Play 10. Pengenalan InfinixHotPlay10 mengikuti jejak seri Infinix Hot9.  Adapun beberapa kelebihan dan …

Menjadi Content Creator Instagram dan TikTok Profesional Lewat Pelatihan Prakerja Gelombang 18 dari Pakar

Program kartu prakerja untuk gelombang 18 sudah dibuka di bulan Agustus 2021 ini. Ada banyak pilihan kelas yang dapat dipilih melalui Pakar.co.id sebagai penyelenggaranya. Cari kerja di bidang yang Anda inginkan …

Alasan Mengapa Orang Tua Rentan Virus Corona
0 Comments

Jumlah penderita dan kasus kematian yang diakibatkan oleh infeksi virus corona terus meningkat setiap harinya. Virus corona dapat menyebaban infeksi yang serius terutama pada saluran pernapasan baik itu orang dewasa maupun pada anak-anak. Namun, orang tua rentan virus corona apalagi orang lanjut usia. Mengapa demikian?

Mengapa Lansia Lebih Rentan Terhadap Virus Corona?

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan fungsi dikarenakan proses penuaan seperti penurunan produksi hormon, produksi pigmen warna rambut, kepadatan tulang, kekuatan gigi, massa otot, dan juga penurunan fungsi organ-organ tubuh. Sistem imun juga sudah tidak sama seperti pada saat usia muda. Karena itulah orang tua dan lanjut usia lebih rentan terhadap penyakit termasuk COVID-19.

Bukan hanya itu saja, sebagian besar lansia juga memiliki penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, asma, dan penyakit lainnya. Jadi jika mereka terinfeksi virus corona maka dapat menyebabkan komplikasi yang serius dan juga akan memperparah penyakit yang sebelumnya sudah diderita.

Virus corona bukan hanya menyebabkan gangguan pada saluran pernafasan terutama paru-paru namun juga dapat menurunkan fungsi organ tubuh lainnya termasuk memperparah penyakit yang sudah diderita hingga berakibat fatal dan kematian.

Misalnya pada penderita kanker. Kanker merupakan penyakit yang dapat menurunkan sistem imun sehingga tubuh menjadi rentan terhadap serangan virus apalagi virus corona. Tubuh tidak lagi memiliki kemampuan yang baik untuk melawan virus corona. Dalam kondisi seperti ini, virus corona di dalam tubuh akan lebih mudah berkembang dan mengganggu fungsi organ tubuh lainnya.

Sedangkan pada penderita gagal jantung di mana jantung sudah mengalami kesulitan untuk memompa darah, infeksi virus corona dapat membuat jantung harus memompa darah lebih keras lagi apalagi dengan fungsi paru-paru yang sudah menurun akibat virus corona tentu dapat memperparah kondisi jantung dan juga situasi penderita.

Cara Mencegah Penularan Virus Corona

Virus ini dapat menyebar melalui percikan droplet seperti air liur baik saat bersin ataupun batuk. Sebaiknya lakukan pencegahan sebelum terlambat. Bukan hanya untuk lansia dan orang tua namun juga bagi anak-anak. Cara efektif mencegah penularan virus corona yaitu :

  • Mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun dan air mengalir. Jika sedang dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 70%.
  • Menggunakan masker saat sedang sakit. Sebaiknya gunakan masker yang memang efektif dalam melindungi diri dari penularan virus.
  • Menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit.
  • Menghindari kerumunan yang ramai atau setidaknya jaga jarak minimal 1 meter.
  • Jangan menyentuh bagian mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang kotor dan sebelum mencuci tangan.
  • Rutin mengonsumsi obat atau vitamin sesuai dengan anjuran dokter.
  • Segera lakukan pemeriksaan jika dirasa tubuh sedang tidak sehat.

Sistem imun tubuh yang sudah melemah akibat penyakit yang diderita ditambah lagi risiko COVID-19 pada lansia akan meningkatkan risiko kematian karena sistem imun yang tidak kuat dan gangguan organ tubuh lainnya yang menjadi semakin parah. Maka dari itu perlu dilakukan pencegahan agar tidak terserang virus corona.

Mengingat bukan hanya orang tua rentan virus corona, siapa saja sebaiknya langsung segera berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gejala-gejala terserang virus corona seperti batuk, pilek, atau sesak napas. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan menjalankan pola hidup sehat dan makan makanan bergizi.