Tips dan Cara Merawat Tas Wanita dari Bahan Kanvas Agar Awet
0 Comments

Tas kanvas sangat diminati karena memiliki daya tahan yang kuat dan awet sehingga tidak mudah rusak. Tas kanvas biasanya bukan hanya terdiri dari tas wanita namun juga tas pria. Jenis-jenis tas yang terbuat dari kain kanvas yaitu totebag, backpack, dan lain-lain. Sebagian besar tas kanvas juga memiliki harga yang cukup terjangkau dan juga sangat ramah lingkungan.

Cara Merawat Tas Wanita Kanvas

Tas kanvas dapat digunakan secara berulang-ulang namun masih akan tetap awet karena memiliki daya tahan yang cukup lama. Namun terkadang perawatan yang salah dapat mempercepat kerusakan pasa tas kanvas. Untuk mencegah kerusakan tas dan menjaga agar tas tetap awet, berikut terdapat beberapa tips merawat tas kanvas.

  1. Hindari paparan sinar matahari terlalu lama

Jangan biarkan tas kanvas anda terkena sinar matahari terlalu lama karena akan merusak warna tas dan menjadi lebih cepat pudar.

  1. Simpan tas di dalam lemari jika tidak digunakan

Apabila tas tidak digunakan dalam jangka waktu lama, simpan tas di tempat yang kering dan tidak lembab. Jangan lupa untuk menambahkan kamper agar tidak menjadi tempat pertumbuhan jamur dan bakteri.

  1. Hindari menggunakan mesin cuci

Cara merawat tas kanvas yang sederhana yaitu menghindari menggunakan mesin cuci. Sebaiknya untuk mencuci tas dengan manual menggunakan tangan.  Anda bisa menggunakan sikat yang lembut dan deterjen berbahan lembut tanpa pemutih untuk mengangkat kotoran yang sulit dihilangkan. Hal ini juga akan menjaga agar warna tidak luntur dan mempertahankan warna alami.

  1. Bersihkan tas dengan lembut

Membersihkan tas harusnya dengan hati-hati, jangan mengucek, memeras dan memelintir tas terlalu kuat karena malah akan merusak tas. Hindari juga menggunakan sikat yang keras karena tektsur permukaan kain akan rusak dan menjadi tipis. Sebaiknya anda langsung membersihkan tas dengan tisu atau kain jika terkena noda agar lebih mudah dibersihkan nantiny dan mudah diangkat oleh detergen.

  1. Sesuaikan jenis sabun dengan noda tas
  • Gunakan sabun cair atau detergen yang sebelumnya sudah dicairkan dengan air kemudian gunakan spons lembut untuk menghapus noda ringan.
  • Untuk noda yang sulit dihilangkan, rendam tas terlebih dahulu selama beberapa saat yang berfungsi agar noda dapat lebih mudah luntur dan hilang. Setelah itu barulah sikat tas seperti biasa.
  • Apabila tas terkena minyak, taburkan bedak agar minyak tidak menyebar. Kemudian sikat tas menggunakan sikat gigi lembut dan sabun cair atau detergen dengan campuran air hingga minyak hilang.
  • Anda bisa menggunakan sikat gigi dan baking soda, sikat gigi dan detergen apabila tas terkena tinta. Campurkan pasta gigi dan baking soda dalam sebuah wadah kemudian oleskan pasta tersebut pada bagian yang terkena noda kemudian sikat dengan sikat gigi lembut. Ulangi proses hingga noda hilang. Setelah itu bilas hingga bersih.
  • Apabila tas kanvas anda terkena lipstik, ambil kapas dan celup pada alkohol kemudian kapas yang telah dicelup dengan alkohol digunakan untuk menggosok bagian tas yang terkena noda lipstik. Ulangi proses tersebut hingga kain menjadi basah dan noda lipstik mulai memudar. Setelah itu anda dapat mencuci tas seperti biasa.
  1. Bilas tas hingga bersih

Pastikan untuk selalu membilas tas hingga bersih dan tidak ada sisa-sisa sabun yang tertinggal. Sisa sabun akan membuat tas timbul bercak putih yang nantinya malah akan membuat anda terpaksa mencuci tas kembali. Tas wanita berbahan kanvas jika dicuci terlalu sering malah akan mempercepat kerusakan.