Tips Cetak Kardus untuk Produk yang Akan Dijual
0 Comments

Bisnis makanan kuliner merupakan salah satu usaha yang bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan penghasilan selain bekerja sebagai karyawan. Ada banyak sekali makanan kekinian yang penjualannya besar seperti bolu. Anda bisa membuat kemasan menarik dengan cetak kardus sesuai jenis makanannya.

  1. Pilihan Kertas yang Digunakan

Dalam pembuatan kardus produk Anda harus memilih jenis kertas yang akan digunakan. Ada kertas duplex dengan bahan dari coated. Di mana kertas ini saat digunakan akan ada tambahan lapisan di bagian atasnya. Permukaan kertas biasanya warna putih mengkilap dan bagian bawahnya berwarna abu-abu.

Anda bisa membuat desain pada satu sisi saja karena hanya ada satu permukaannya yang berwarna putih. Cocok untuk usaha kue bolu, nasi, atau pun kue. Harga kardus ini lebih ekonomis nantinya dibandingkan kertas lainnya. Jika ingin yang lebih bagus bisa menggunakan ivory dengan ketebalan 260gr, 310gr, dan 350gr.

Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Lapisan luar kertas mengkilap dan lapisan bawah agak kasar dan warnanya putih susu. Kertas ini lebih kukuh saat dibuat menjadi kardus kemasan makanan.

  1. Pembuatan Sheet

Pilih proses pembuatan sheet yang dilakukan dengan sempurna. Dimulai dengan proses pemanasan pada mesin heater drum sehingga menguapkan kadar air dan setelah itu dilanjutkan proses filleting untuk lapisan gelombangnya.

Saat sudah sampai pada lapisan gelombang ini maka tahap selanjutnya dengan lapisan bagian bawah. Jika sudah selesai baru proses pembentukkan creasing flap yaitu proses pembelahan sesuai dengan ukuran lebar dan panjang sheet. Carilah percetakkan yang menggunakan proses cetak kardus terbaik agar kualitasnya bisa memuaskan Anda.

  1. Ukuran Kardus

Tips selanjutnya saat akan mencetak kardus untuk kemasan produk makanan dengan menentukan ukuran kardus. Ukuran ini penting disesuaikan dengan kebutuhan dari makanan. Biasanya dilebihkan sekitar 2 sampai 3 cm di setiap sisi kardus agar tidak merusak makanannya.

Anda bisa mendiskusikan hal ini dengan pihak jasa cetak yang dipilih. Ukuran ini juga nantinya akan mempengaruhi bentuk dari kardus dalam persegi, persegi panjang,ataupun bujur sangkar. Pertimbangkan dengan matang dan teliti agar tidak salah cetak mengingat jumlah cetak yang harus dilakukan tidaklah sedikit.

  1. Jenis Finishing

Anda juga perlu memperhatikan finishing kemasan kardus yang akan dibuat nantinya. Hal ini penting untuk mendapatkan kualitas dan menariknya kemasan. Ada laminasi glossy yang laminasinya berkilau sehingga permukaan kardus nantinya licin.

Pilihan lainnya dengan laminasi doff yang tidak berkilau dan terlihat redup. Pilihan laminasi ini kelebihannya membuat gambar atau desain pada kemasan kardus lebih tahan lama. Anda tinggal mendiskusikan dengan pihak percetakannya.

  1. Desain Kardus

Tips yang tak kalah penting tentu saja menentukan desain kardusnya. Di mana desain ini akan membantu mengenalkan produk makanan atau pun barang yang Anda jual. Desain pada kardus akan menjadi daya tarik sendiri dan membuat calon konsumen memberikan nilai plus pada produk.

Anda bisa menggunakan jasa desain terpisah atau pun langsung dari pihak percetakkan. Bagian yang penting dalam desain adalah logo dari produk makanan atau barang yang diperjual belikan. Selain itu pilihlah warna yang tidak terlalu gelap agar daya tariknya lebih besar.

Anda bisa menerapkan tips cetak kardus ini dengan mudah tinggal mengikuti setiap langkahnya secara bertahap. Persiapkan budget yang memang dialokasikan untuk pembuatan kardus ini. Anda bisa mengunjungi pinterous.com untuk melakukan kerjasama mencetak kardus kemasan produk yang dijual nantinya.