Dessert khas Italia
0 Comments

Tak hanya cantik pemandangan alamnya, Italia punya segudang sajian lezat dengan bentuknya yang sangat menarik. Selain terdapat makanan khas Italia yang lezat, terdapat aneka dessert sebagai makanan penutup. Aneka dessert khas Italia di bawah ini sangat direkomendasikan karena sensasi rasa dan tampilannya yang menarik. Pilih saja mana yang Anda suka.

  1. Rum Baba

Rum Baba ini adalah cupcake yang terbuat dari adonan telur, mentega, susu, dan ragi. Setelah kalis, adonan tersebut dibentuk bulat, kemudian dipanggang sampai kecokelatan dan ditambahkan krim vanila di atasnya. Untuk topping-nya, dipilihlah buah-buahan, krim, dan irisan cokelat tipis.

  1. Cassata

Dessert lezat berikutnya adalah sponge cake yang disebut cassata. Dessert ini sangat unik dengan penyajiannya berupa sponge cake yang disiram liqueur atau jus buah, sehingga rasanya semakin pekat di lidah. Cassata ini juga dilapisi dengan ricotta cheese dan chocolate chips yang dilengkapi topping manisan buah, misalnya ceri dan irisan jeruk khas Sisilia.

  1. Semifreddo

Semifreddo adalah dessert khas Italia yang menjadi favorit karena keseruan rasanya. Dessert lezat yang satu ini terbuat dari telur, krim vanila, meringue, dan gula yang dikocok bersama whipped cream, lalu dibekukan. Topping lezat penyertanya adalah biskuit, kacang-kacangan, dan buah. Karenanya, sajian ini sangat lumer di mulut dan rasa manis lezatnya mampu menggoyang lidah.

  1. Tartufo

Dessert yang satu ini terbuat dari es krim. Tartufo tersusun dari 2 rasa es krim atau lebih yang dibentuk sangat unik yaitu menyerupai bola es krim. Penyajiannya sering dicampur dengan sirup atau buah dingin berupa stroberi, raspberi, atau ceri, yang diletakkan di dalamnya.

  1. Budino

Puding khas Italia yang satu ini juga menarik dengan cita rasanya dan kelembutannya. Puding ini berbahan dasar telur, tepung jagung, gula merah, susu, mentega, dan krim. Budino biasa disajikan bersama saus caramel yang membuatnya semakin lezat dan menarik.

  1. Affogato

Bagi para pecinta kopi, Affogato sangat cocok sebagai dessert favorit. Affogato memang berbahan dasar kopi espresso yang disajikan dengan dicampur es krim vanila. Sesuai dengan arti dari affogato yaitu tenggelam, cara penyajian dessert ini juga menyesuaikan.

Jadi, espresso panas dituangkan ke dalam gelas saji yang sudah berisi es krim vanila. Hasilnya, es krim tenggelam dalam espresso. Untuk variasi lainnya, es krim ini dicampurkan dengan Amaretto, Liqueur, atau Bicerin.

  1. Spumoni

Spumoni adalah es krim dengan layer rasa serta warna yang berbeda. Umumnya, penyajiannya dicampur dengan whipped cream, vanilla, chocolate, atau pistachio. Terdapat pula tambahan potongan buah di dalamnya yang semakin menggoyang lidah.

  1. Gelato

Gelato adalah dessert manis yang sangat digemari di Indonesia. Hidangan ini terbuat dari adonan susu dan krim yang diolah melalui proses lambat, sehingga teksturnya lebih padat dibandingkan es krim biasanya. Gelato ini disajikan dalam aneka rasa dan topping.

Apakah Anda bingung ingin pilih yang mana? Semua hidangan dessert Italia memang menarik. Dari deskripsi di atas, Anda bisa mengetahui bahan dan penyajiannya yang memudahkan dalam memilih dessert sesuai selera. Jadi, jangan ketinggalan untuk menikmatinya setelah mengonsumsi makanan khas Italia lainnya.