Ragam Cara Pengumpulan Data Dalam Analisis Statistik Deskriptif
0 Comments

Dalam upaya pengumpulan data untuk berbagai keperluan, ada beberapa analisis statistik yang bisa dilakukan. Sebagaimana diketahui, analisis statistik tersebut adalah upaya untuk menyajikan data dari suatu populasi yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan pemetaan dan lainnya. Nah, diantara jenis analisis statistik tersebut adalah analisis statistik deskriptif.

Perlu diketahui bahwa statistik deskriptif adalah bagian dari ilmu statistika yang secara langsung berhubungan dengan beragam aktivitas seperti penghimpunan data, penataan, peringkasan serta penyajian data. Beragam hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menyajikan data dengan lebih baik dan lebih mudah dibaca.

Cara Pengumpulan Data Statistik Deskriptif

Pengumpulan data adalah salah satu bagian analisis statistik deskriptifyang paling penting karena hal ini adalah dasar dari proses analisis yang dilakukan. Dengan pengumpulan data, maka akan didapatkan bahan analisis yang kemudian akan diolah menjadi data yang disajikan.

Berbincang tentang analisis statistik deskriptif, ada beberapa cara pengumpulan data yang jamak dilakukan dan tentu saja bisa menjadi pertimbangan mana teknik pengumpulan data yang sesuai. Adapun beberapa cara pengumpulan data dalam analisis statistik deskriptif adalah sebagai berikut:

  • Sensus

Salah satu cara pengumpulan data untuk statistik deskriptif adalah sensus. Bisa dikatakan bahwa sensus merupakan salah satu cara pengumpulan data yang cukup sering dilakukan. Buktinya, di kalangan masyarakat sering dilakukan sensus tentang suatu fenomena tertentu.

Sensus dipilih karena memiliki beberapa kelebihan yang tentu saja akan membuat pendataan menjadi lebih komprehensif dan maksimal. Adapun beberapa kelebihan dari sensus adalah sebagai berikut:

  • Cakupan sensus cenderung luas karena biasanya sensus dilakukan dengan cara yang menyeluruh terhadap populasi yang ada dalam suatu lingkungan
  • Bebas dari kesalahan dalam pengambilan sample karena metode sensus akan melibatkan responden secara langsung dengan detail
  • Hasil pengumpulan data bisa dijadikan sebagai kerangka sample induk di mana nantinya bisa digunakan untuk beragam kegiatan survei

Akan tetapi, di balik beberapa kelebihannya, ada beberapa kelemahan atau kekurangan dari metode ini. Adapun beberapa kelemahan dari metode sensus diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kesalahan yang muncul dalam data tidak bisa diukur dengan tepat karena data yang masuk merupakan data yang cenderung subjektif
  • Proses pengumpulan data cenderung lebih boros pada waktu, tenaga dan biaya. Hal inilah yang membuat sensus cenderung memerlukan modal yang lebih besar

Dengan beberapa kelebihan dan kelemahan, sensus tentu perlu dipertimbangkan untuk diaplikasikan. Pertimbangan tersebut nantinya bisa mengurangi hal-hal yang cenderung merugikan dari sensus.

  • Survei

Metode lain yang bisa digunakan dalam pengumpulan data statistik deskriptif adalah survei. Survei merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan pada sebagian unit populasi saja. Sebagian unit populasi disebut sample yang nantinya akan menjadi wakil dari keseluruhan populasi.

Nah, metode yang satu ini memiliki beberapa kelebihan yang tentu bisa dijadikan penguat kenapa survei menarik untuk digunakan. Adapun beberapa kelebihan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Karakteristik yang dicakup cenderung bisa lebih banyak dan lebih terperinci
  • Kegiatan pengumpulan data cenderung bisa dilakukan dengan lebih mudah
  • Lebih hemat waktu dan juga tenaga dibandingkan metode sensus
  • Kesalahan yang muncul dalam pendataan bisa diukur dengan baik

Namun, metode survei juga memiliki beberapa kelemahan yang harus diketahui. Beberapa kelemahan terkait metode ini adalah sebagai berikut:

  • Memerlukan kerangka sample yang memadai
  • Biaya untuk mendapatkan kerangka sample bisa dikatakan cukup besar
  • Adanya kesalahan sampling sehingga akurasi data yang disajikan tidak bisa maksimal

Beberapa poin di atas adalah contoh dari metode pengumpulan data statistik deskriptif. Tentu, masih ada beberapa metode pengumpulan data yang lain yang bisa digunakan. Pahami beberapa metode pengumpulan data tersebut dan lakukan analisis statistik deskriptifdengan baik.