Gejala dan Penyebab Mata Ikan Pada Kulit
0 Comments

Mata ikan adalah kondisi di mana terjadi penebalan kulit karena gesekan dan tekanan berulang kali pada kulit. Umumnya mata ikan berbentuk bulat dan bagian tengah keras yang dikelilingi oleh kulit yang meradang. Penebalan kulit yang berlebihan dapat menyebabkan rasa nyeri. Mata ikan dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja namun umumnya bagian tubuh yang paling sering adalah kaki.

Gejala Mata Ikan

Gejala mata ikan yang ditimbulkan yaitu kelainan pada kulit seperti pengerasan, penebalan serta menonjol pada kulit. Selain itu, tekstur kulit akan menjadi kering, bersisik, atau berminyak. Mata ikan dapat menimbulkan rasa nyeri jika ditekan. Mata ikan berbeda dengan kapalan karena mata ikan akan menimbulkan rasa nyeri dan peradangan.

Penyebab Mata Ikan

Pada umumnya penyebab mata ikan karena terjadi gesekan dan tekanan pada kulit secara berulang sehingga kulit mengalami penebalan dan mengeras. Berikut beberapa hal yang menjadi penyebabnya gesekan dan tekanan yaitu :

  1. Pemakaian sepatu yang tidak nyaman

Pemakaian sepatu yang terlalu sempit dapat menyebabkan tekanan di beberapa bagian namun penggunaan sepatu yang terlalu longgar juga dapat menyebabkan gesekan berulang kali.

  1. Sering menggunakan peralatan dengan tangan

Penebalan kulit juga dapat terjadi karena gesekan dan tekanan dari peralatan yang kita gunakan sehari-hari ataupun bagi yang sering memainkan instrumen musik.

  1. Tidak mengenakan kaos kaki

Tidak mengenakan kaos kaki saat memakai sepatu atau pemakaian kaos kaki yang tidak tepat juga dapat menimbulkan gesekan antara kaki dan alas kaki.

  1. Perokok

Perokok umumnya lebih sering terserang mata ikan di bagian jempol tangan karena gesekan yang berulang pada pemantik saat menyalakan pemantik sebelum merokok.

  1. Tidak menggunakan sarung tangan

Penggunaan peralatan atau perkakas yang membutuhkan keahlian khusus terlalu lama juga dapat menyebabkan mata ikan apalagi jika dilakukan tanpa mengenakan sarung tangan. Kulit tangan akan bergesekan pada alat kerja berulang kali dan dapat menyebabkan mata ikan.

  1. Bunion

Bunion adalah kondisi di mana terjadi penonjolan pada sendi bagian pangkal jempol kaki yang terbentuk dari tulang sehingga dapat menyebabkan mata ikan.

  1. Kelainan kelenjar keringat

Selain karena gesekan dan tekanan, beberapa orang dengan kelainan kelenjar juga dapat meningkatkan faktor resiko terkena mata ikan.

  1. Bekas luka atau kutil

Terkadang mata ikan juga dapat muncul pada seseorang yang memiliki bekas luka atau kutil.

  1. Kebiasaan berjalan dengan sisi dalam atau sisi luar kaki

Kebiasaan berjalan yang salah juga dapat menimbulkan mata ikan apalagi pada orang-orang yang terbiasa berjalan dengan sisi luar kaki atau sisi dalam kaki terus menerus sehingga tekanan yang diterima pada kaki lebih berat hanya pada satu sisi.