Cara merubah ukuran foto dengan menggunakan Paint di Windows
0 Comments

Mengubah ukuran foto sering kali membuat kita menjadi bingung, terutama untuk kita yang masih pemula dan sangat awam dengan dunia editing. Tetapi kalian tidak perlu khawatir karena ternyata mengedit ukuran foto bisa sangat mudah dan hanya memerlukan aplikasi sederhana yang biasanya sudah ada pada laptop kalian. aplikasinya yaitu adalah aplikasi paint yang biasanya sudah tersedia pada laptop atau komputer windows kalian. untuk kaian yang ingin mengetahui cara memperkecil ukuran foto yang mudah dengan menggunakan paint di windows, langsung saja yuk baca artikel ini sampai selesai!

  1. Buat salinan file gambar. Sebelum mengubah ukuran gambar Anda di Paint, buat salinan file sehingga Anda tidak kehilangan yang asli. Ini akan memungkinkan Anda untuk melakukan proses itu lagi nanti jika Anda tidak puas dengan hasilnya. Untuk membuat salinan file gambar, klik kanan padanya dan pilih “Salin.” Klik kanan area kosong di folder yang sama dan pilih “Tempel” untuk membuat salinan gambar.
  2. Buka gambar dalam Paint. Paint adalah editor gambar gratis yang hadir untuk setiap versi Windows. Klik kanan pada file gambar dan pilih “Edit” untuk membukanya di Paint.
  3. Pilih seluruh gambar. Jika Anda ingin mengubah ukuran seluruh gambar, pilih semuanya dengan menekan Ctrl+A . Anda juga dapat mengklik tombol “Pilih” di tab Beranda dan pilih “Pilih semua.” Anda akan melihat garis putus-putus muncul di sekitar tepi gambar.
  4. Klik tombol “Ubah Ukuran”. Anda dapat menemukan ini di tab Beranda, atau Anda dapat menekan Ctrl+W . Ini akan membuka jendela “Resize and Skew”.
  5. Gunakan bidang “Ubah Ukuran” untuk mengubah ukuran gambar. Anda dapat memilih untuk mengubah ukuran berdasarkan persentase atau piksel. Jika Anda memilih “Pixels,” Anda dapat memasukkan ukuran persis yang Anda inginkan dari gambar yang diubah ukurannya. Anda dapat memasukkan persentase lebih besar dari “100” untuk membuat gambar lebih besar dari aslinya. Secara default, Paint akan mempertahankan rasio aspek asli, dan memasukkan nilai dalam satu bidang akan secara otomatis mengubah nilai di bidang lainnya. Ini menjaga gambar dari peregangan atau pengepresan selama pengubahan ukuran. Anda dapat menghapus centang “Pertahankan rasio aspek” jika Anda ingin dapat menentukan bidang Horizontal dan Vertikal secara independen. Membuat gambar lebih besar dari aslinya akan menghasilkan gambar akhir yang pucat.
  6. Klik “OK” untuk melihat ukuran gambar Anda. Setelah Anda mengklik “OK,” gambar Anda akan diubah ukurannya sesuai dengan nilai yang Anda masukkan. Tidak ada pratinjau yang tersedia, jadi Anda harus menerapkan perubahan untuk melihatnya. Jika Anda tidak puas dengan hasilnya, tekan Ctrl+Z untuk membatalkan perubahan ukuran yang Anda buat. Anda juga dapat mengklik tombol “Undo” di bagian paling atas jendela selanjutnya.
  7. Seret tepi kanvas untuk mencocokkan gambar yang diubah ukurannya. Gambar Anda akan diubah ukurannya, tetapi kanvas akan tetap ukuran aslinya. Klik dan seret kotak di sekitar tepi kanvas untuk mengubah ukurannya sesuai dan menghapus kelebihan ruang putih.
  8. Simpan gambar Anda yang sudah diubah ukurannya. Setelah Anda puas dengan ukuran baru, Anda dapat menyimpan perubahan ke file. Pilih “Simpan Sebagai” dari tab File dan pilih “gambar JPEG.” Anda kemudian dapat memberi nama file dan memilih tempat untuk menyimpannya.