Cara Berinvestasi Emas
0 Comments

Investasi emas merupakan salah satu instrumen investasi yang dianggap paling menguntungkan karena harganya yang selalu naik setiap tahunnya. Emas juga dijadikan sebagai aset berharga untuk menjaga nilai mata uang sehingga banyak yang lebih memilih emas sebagai investasi jangka panjang apalagi memiliki risiko yang rendah dengan imbal hasil jangka panjang yang menarik.

Cara Investasi Emas Bagi Pemula

Banyak yang mulai tertarik dengan investasi emas namun akhirnya mengurungkan niat karena takut dan bingung harus memulai dari mana. Sebenarnya tidak sulit memulai investasi emas apalagi sekarang anda bisa langsung membeli emas di pegadaian dengan tabungan emas pegadaian sebagai salah satu layanan mereka. Untuk memudahkan anda yang baru ingin berinvestasi emas, berikut terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk investasi emas.

  • Menabung emas batangan

Emas batangan menjadi instrumen investasi yang banyak dipilih masyarakat karena lebih terjamin dan dapat memegang langsung emas fisik. Apalagi saat ini pihak pegadaian atau pihak bank sudah menyediakan layanan jual beli emas sebagai bentuk investasi emas yang lebih fleksibel. Anda juga dapat menggunakan layanan penitipan emas agar emas bisa lebih aman. Untuk biaya penitipan relatif tergantung di mana anda menitipkan emas.

Untuk cara menabung emas batangan yaitu anda hanya perlu datang ke kantor cabang pegadaian ataupun ke bank terdekat yang memiliki layanan tabungan emas. Jangan lupa untuk membawa dokumen yang diperlukan seperti KTP, paspor, dan dokumen lainnya yang dibutuhkan. Pastikan untuk melihat syarat & ketentuan dari setiap penyedia layanan tabungan emas.

Setelah itu anda dapat mengisi formulir yang diberikan dan membayar biaya administrasi. Pastikan untuk mengisi formulir dengan data yang lengkap dan benar. Selanjutnya anda bisa menentukan berapa gram emas yang ingin ditabung dan membayarkannya langsung ditambah dengan biaya penitipan jika ingin langsung dititipkan. Apabila sewaktu-waktu anda membutuhkan dana, anda bisa menjual kembali emas tersebut.

  • Emas batangan atau digital

Anda bukan hanya dapat berinvestasi emas batangan namun juga emas digital atau online. Keduanya sama-sama memiliki keuntungan masing-masing. Emas batangan dapat memberikan rasa kepemilikan yang dapat memberikan kepuasan kepada pemiliknya sehingga dirasa lebih aman dan juga dapat digadaikan saat butuh uang.

Hanya saja emas batangan hanya dapat dibeli dengan berat minimal 1 gram. Sedangkan emas digital memungkinkan anda membeli emas mulai 0,01 gram emas hanya saja tidak akan didapatkan dalam  bentuk fisik yang artinya hanya dalam bentuk digital saja.

Untuk membeli emas batangan juga harus dipikirkan tempat penyimpanan emas yang artinya harus membayar biaya sewa sedangkan emas digital tidak memerlukan biaya sewa tempat penyimpanan.  Namun beberapa platform jual beli emas memungkinkan anda untuk mencetak emas tersebut dengan membayar biaya cetak dan memiliki minimal berat untuk mencetak.

Emas digital lebih disarankan untuk pemula karena dapat dibeli dengan dana yang sedikit. Platform perdagangan emas terpercaya yaitu di Sehatigold.com. Sehatigold memberikan kemudahan dalam investasi emas digital mulai dari Rp 20.000 dengan keamanan yang terjamin. Anda juga bisa menukarkan emas digital menjadi emas fisik baik itu perhiasan ataupun logam mulia.

Cara investasi emas online di Sehatigold cukup mudah. Anda hanya perlu mendaftarkan diri ke Sehatigold kemudian mengisi identitas diri dan melakukan verifikasi identitas dan e-mail untuk menjaga keamanan data. Setelah itu anda bisa langsung membeli emas digital sesuai dengan dana yang tersedia.