3 Jenis Bahan yang Digunakan untuk Membuat Kartu Nama
0 Comments

Membuat kartu nama yang baik dan terlihat profesional tak hanya mempertimbangkan desain namun juga bahan atau jenis kertas yang digunakan ketika mencetak kartu nama. Tanpa kertas yang baik, kartu nama akan terlihat kurang profesional. Berikut jenis-jenis bahan yang digunakan buat kartu nama.

  1. Kertas Kartu Nama Jenis Brief Card

Brief Card merupakan jenis keras yang biasa digunakan saat mencetak kartu nama. Brief Card memiliki tekstur permukaan yang halus dan biasanya tanpa laminasi. Tak hanya dipakai untuk mencetak kartu nama, jenis kertas Brief Card juga biasa digunakan untuk mencetak sertifikat, kartu undangan, buku gambar, kartu SPP, dan sampul-sampul buku penting lainnya.

Nama lain dari Brief Card adalah kertas manila, ia memiliki warna yang beragam dan ukuran yang berbeda. Biasanya kertas Brief Card memiliki berat 160 gram, 220 gram, dan 260 gram.

  1. Kertas Kartu Nama Jenis Glossy Photo Paper

Seperti namanya, jenis kertas  Glossy Photo ini memiliki permukaan yang glossy atau berkilau ketika terkena cahaya lampu atau cahaya matahari. Saat dipegang, tekstur kertas  Glossy Photo ini terasa licin.

Meski begitu, apabila Anda mencetak kartu nama di kertas Glossy Photo maka akan menampilkan kesan mewah dan profesional. Hasil cetakannya pun terbilang bagus dengan efek kilauan cahaya ketika terkena sinar.

Tetapi, perlu diperhatikan, ketika di dalam ruangan atau tidak terkena cahaya kertas ini akan terlihat buram dan kusam. Anda perlu memberikan laminasi agar kartu nama Anda terlibat lebih bagus dan jelas.

  1. Kertas Kartu Nama Jenis Standard

Kertas kartu nama jenis Standard ini paling sering digunakan dalam mencetak kartu nama. Hal ini dikarenakan harganya yang lebih murah dibandingkan jenis kertas lainnya, lalu tekstur kertasnya mudah untuk aplikasikan dengan beragam jenis teknik pencetakan.

Mulai dari laminating jenis glossy, laminating jenis doff, foil gold hingga silver, kertas ini akan tetap terlihat bagus bahkan lebih bagus setelah diaplikasikan teknik mencetak lainnya. Biasanya, ketika buat kartu nama kertas ini berukuran 9 x 5,5 cm.

  1. Kertas Kartu Nama Jenis Translucent

Jenis kertas kartu nama ini memiliki tekstur yang lain dari biasanya. Ia berupa kertas transparan yang sisi depan dan belakangnya tembus pandang. Jenis kertas Translucent ini memiliki standar yang berbeda di setiap negara.

Misalnya, di Indonesia menggunakan SNI ukuran kartu nama yakni 9 x 5.5 cm atau 90 x 55 mm. Ukuran standar Indonesia ini juga digunakan di beberapa negara seperti Australia, Denmark, New Zealand, Taiwan, Vietnam, India, hingga Swedia.

Sementara itu, pada standar Asia, seperti negara-negara Singapura, Hongkong, China dan Malaysia ukurannya 90 mm x 54 mm. Ukuran ini sama seperti ukuran kartu nama yang digunakan di Jepang.

Sedangkan pada standar Amerika berukuran 51 x 89 mm atau 2 x 3,5  inchi. Standar ini juga digunakan pada negara-negara lainnya seperti Sri Lanka, Republik Ceko, Bulgaria, Meksiko, hingga Korea Selatan.

Jika Anda bingung ingin menggunakan jenis bahan dan ukuran yang mana, Anda bisa membuat kartu nama di fastwork.id. Di sini, kartu nama Anda akan dibuat sesuai dengan kriteria dan kebutuhan yang Anda inginkan.

Jangan khawatir soal pemilihan bahan, freelancer profesional di fastwwok.id akan memilihkan jenis kertas yang cocok untuk profile kartu nama Anda dan tentunya dengan harga yang sesuai budget.

Jenis-jenis kertas yang digunakan buat kartu nama juga beragam tergantung keinginan dan permintaan Anda sebagai konsumen. Hanya sekali klik pesanan kartu nama serta desain yang profesional akan sampai ke tangan Anda.